Sabtu, 01 Juni 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Tekad Berdaulat Secara Ekonomi
Selasa, 15 Maret 2022 08:04 WIB
Tekad Berdaulat Secara Ekonomi
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Belakangan kita menjalani kehidupan di negeri yang serba paradoks. Emak-emak berjuang antre minyak goreng, sementara bapak-bapak antre BBM biosolar. Ironisnya, pemandangan barusan bukan terjadi di negeri miskin Sumber Daya Alam (SDA). Namun semua kenyataan di negeri yang dipuja sebagai sentra kelapa sawit dunia. Belum tuntas urusan minyak goreng dengan berbagi dramanya, sampai Kementerian Perdagangan bikin pernyataan kontroversi mencurigai masyarakat panic buying dan menimbun minyak goreng. Entah apa dasar kesimpulan barusan, terkesan malah Pemerintah kelihatan panik sehingga lempar bola panas demi menyelamatkan diri.

Masih hangat tuduhan masyarakat menimbun, baru-baru ini Menteri Perdagangan (Mendag) kembali lempar fakta pedas lain menyebut minyak goreng murah bocor ke luar negeri. Adapun kebocoran dimaksud adalah minyak goreng murah hasil Domestic Market Obligation (DMO) di tingkat distributor yang menyebabkan harga tertahan tinggi. Kebocoran distribusi karena minyak goreng harga murah sebagian disalurkan ke industri dan diselundupkan ke luar negeri mengikuti harga internasional yang relatif tinggi ketimbang harga domestik.

Informasi-informasi di atas jelas bikin panas situasi sekaligus bisa memicu skeptisme terhadap pemerintah. Intinya masyarakat geram. Di Medsos warganet tak mau kalah berkomentar pedas, “minyak goreng dan biosolar langka tapi sibuk mau nambah periode. Takutnya bukan hanya kekuasaan nambah tapi masalah-masalah pun ikut kebawa tiga periode”.

Menyinggung soal minyak goreng, berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kemendag, harga curah masih tertahan tinggi di angka Rp16.000 per liter pada Senin (7/3/2022). Sementara itu, harga minyak goreng kemasan sederhana berada di angka RP16.600 atau mengalami kenaikan 0,61 persen dari posisi Rp16.500 pada Jumat (4/3/2022). Harga itu masih terpaut lebar dari Harga Eceran Tertinggi (HET) ditetapkan Kemendag yakni sebesar 11.500 per liter. Di pasar masih didapati di angka Rp17.000-Rp20.000. Upaya menguak kendala apakah ada di hulu atau ada di distribusi, ibarat mengurai benang kusut.

Tak Adil Bagi Riau

Riau menyikapi problem minyak goreng dan biosolar didorong rasa sentimentil, berhubung Riau daerah lahan perkebunan sawit terluas seantero negeri. Ini tak ubahnya seperti ayam kesulitan cari makan di lumbung padi. Sungguh menghina akal sehat. Apalagi komoditas minyak goreng dan biosolar kebutuhan yang berkaitan langsung dengan hidup dan hajat masyarakat. Selain konsumsi pribadi juga penopang aktivitas mata pencaharian. Wajar muncul kritikan keras ke Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah terutama Pemerintah Provinsi (Pemprov) selaku perpanjangan tangan urusan di daerah. Ke pusat pastinya perkara keadilan, keterbukaan dan kejelasan pengelolaan atas SDA. Apalagi sempat tersiar kabar konsumsi minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) dalam negeri justru didominasi untuk biodiesel. Jumlahnya lebih besar dari serapan untuk kebutuhan konsumsi seperti minyak goreng. Konsumsi minyak sawit untuk biodiesel melampaui pangan telah terjadi sejak November 2021. Bikin heran kenapa serapan dominan tapi di lapangan malah langka?

Perihal biosolar di Riau, dari pertemuan Pemprov Riau bersama pihak Pertamina telah diketahui penyebab kelangkaan di Riau imbas dari berkurangnya kuota dibanding tahun lalu. Kuota biosolar untuk Riau di tahun 2022 sebanyak 794.787 kiloliter. Dari realisasi tahun 2021 sekitar 824.000 kiloliter maka berkurang 9 persen. Pihak Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut berdalih bahwa kurangnya kuota biosolar supaya subsidi BBM lebih tepat sasaran. Namun alasan tadi terbuka untuk dipertanyakan. Karena bukan sekali dua kali alasan sama dipakai guna mengelak dari permasalahan kelangkaan BBM. Terlebih bicara Riau sebagai penghasil Migas dan sentra sawit. Sudahlah Dana Bagi Hasil (DBH) sawit bagi daerah penghasil selama ini tak jelas, lingkungan dan jalan Riau rusak gegara kendaraan CPO dan perkebunan, sekarang produknya mahal dan susah didapat. Padahal masyarakat membeli pakai duit. Idealnya bila kebutuhan tiap tahun meningkat, kuota disesuaikan dong. Setiap tahun kendaraan terus bertambah tetapi kuota malah sebaliknya.

Lebih tak adil lagi bagi Riau, beberapa jenis BBM malah harganya lebih tinggi dibanding daerah lain. Sebut saja Dexlite dan solar non subsidi yang beberapa waktu lalu dinaikan Pertamina. Harga lebih mahal dirasa tak adil bagi Riau sebagai daerah penghasil SDA. Dan sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Masih segar ingatan sekitar tahun 2018 kala harga Pertalite Riau masuk dalam daftar termahal se-Nasional.

Ihwal tingginya harga BBM di Riau memang ada dua perspektif. Pihak Pertamina berargumen penyebab harga BBM di Riau lebih mahal ketimbang wilayah lain diakibatkan pungutan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang dilakukan Pemda. Tapi saat ribut-ribut pertalite Riau termahal terungkap pula info lain ternyata harga dasar ditetapkan Pemerintah atas BBM tertentu untuk Riau sudah terlanjur tinggi. Berangkat dari sini Pusat dan Daerah mesti evaluasi diri. Bagi pusat, perlakuan tak adil bagi Riau selaku daerah penghasil Migas dan komoditas sawit harus direformasi. Selanjutnya kenaikan dan kelangkaan minyak goreng dan biosolar harus diatasi sesegera mungkin. Karena sangat mengganggu jalan pembangunan dan produktivitas ekonomi masyarakat kala fase pemulihan ekonomi dan berekses negatif ke prospek kebangkitan ekonomi daerah.

Kedaulatan

Kemudian menyinggung Pemda, terkait BBM bersubsidi Kami sepakat Pemda tegas menegakan aturan. Sudah ada Surat Edaran Gubernur Riau (Gubri) 199/SE/2019 tentang imbauan sosialisasi dan pembatasan penggunaan jenis bahan bakar minyak (BBM) khusus penugasan sesuai peruntukan. Dalam SE yang meneruskan peraturan dari atas tersebut, bahwa kendaraan bermotor “plat merah” atau transportasi milik pemerintah tidak menggunakan bahan bakar jenis biosolar dan premium atau BBM bersubsidi. Hal sama berlaku terhadap kendaraan industri, pengangkutan hasil perkebunan, pertambangan, dan kehutanan, diantaranya mobil tangki CPO, angkutan kayu hutan tanaman industri (balak kayu), angkutan tambang batu bara, dan truk molen (semen).

Namun kita ingin SE bukan sekedar himbauan, mesti ada tindakan atau sanksi juga. Karena banyak truk besar beroperasi di Riau dan transportasi industri masih memakai BBM bersubsidi. Lihat saja antrean di SPBU. Upaya mewujudkan subsidi tepat sasaran tentu harus komprehensif dan disertai solusi. Apabila kontrak angkutan dengan industri sudah menggunakan komponen biaya BBM industri, secara otomatis akan meminimalisir penggunaan solar bersubsidi. Dalam hal ini Pemda semestinya bisa lebih proaktif menjalankan peran untuk memediasi asosiasi bernegosiasi dengan industri.

Menyoal PBBKB, kewenangan menetapkan besaran komponen yang diberikan ke Pemda sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang harga jual eceran BBM dalam negeri, diharap dapat lebih bijaksana menimbang situasi dan kondisi. Supaya tidak memberatkan masyarakat. Kembali ke kasus pertalite Riau termahal se-Indonesia, waktu itu Pemprov Riau cukup berani ambil pendekatan mengevaluasi dan merevisi keputusan tentang tarif PBBKB atas aspirasi masyarakat.   

Terakhir tapi fundamental, perkara minyak goreng dan kelangkaan biosolar turut mengungkap sisi lemah. Terlepas banyaknya faktor penyebab, satu perkara krusial bagaimana membangun kedaulatan atas SDA dan ekonomi bangsa. Langkah Pemerintah sudah tepat menaikkan besaran DMO bahan baku minyak goreng menjadi 30 persen dalam rangka menyiasati harga minyak goreng dalam negeri yang tetap tertahan tinggi kendati pemerintah sudah intervensi sejak akhir 2021.

Melindungi kepentingan bangsa dan menjamin ketersediaan stok dalam negeri prioritas utama. Tapi harus konsisten dan tekad baja. Jangan mencla-mencle lagi. Karena bakal banyak desakan dari berbagai pihak mulai pelaku eksportir hingga pemilik usaha kakap yang terganggu kepentingan bisnisnya. Plus godaan permintaan CPO pasar internasional sangat menggiurkan. Barangkali momen menata pengelolaan SDA bangsa agar selaras dengan agenda memperkuat kedaulatan ekonomi bangsa. Seiring sukses Indonesia jalankan program hilirisasi sawit, tercermin dari porsi ekspor CPO terus mengecil dibanding produk olahannya, tantangan ke depan adalah optimalisasi mencapai level lebih baik lagi.

Program hilirisasi CPO dan bahan baku perlu terus didorong untuk hasilkan nilai tambah tinggi bagi perekonomian nasional berikut daerah penghasil, meningkatkan devisa negara, menjaga nilai tukar rupiah, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, mendongkrak penerimaan negara, menyerap produksi berlebih (oversupply), menjaga harga serta memperkuat ketahanan pangan dan energi nasional.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 01 Juni 2024
Aryaduta Pekanbaru Hadirkan Makanan Khas Sumatera Barat dalam Program Sap7a Rasa
Sabtu, 01 Juni 2024
Telkomsel Nonton Bareng Serentak di 13 Kota, Apresiasi bagi Pelanggan Setia Telkomsel Prestige
Jumat, 31 Mei 2024
Beri Pembinaan Pegawai Kemenag di Riau, Wamenag RI Sampaikan Hal Ini
Jumat, 31 Mei 2024
Baru Menjabat, Kapolsek TPTM Langsung Gelar Giat Jumat Curhat Bersama Tomas, Toga dan Masyarakat

Serantau lainnya ...
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 01 Juni 2024
Dua Anak Riau Raih Gelar Sarjana di Kota Para Wali, Yaman
Kamis, 30 Mei 2024
Tingkatkan Kolaborasi Akademik dan Inovasi Internasional FT UMRI Kunjungi Universiti Teknikal Malaysia Melaka
Rabu, 29 Mei 2024
UIR Gelar Student Fair, Bantu Calon Mahasiswa Pilih Prodi
Minggu, 26 Mei 2024
ADP Peringati Harlah Ke-3, Transformasi dan Kontribusi bagi Dunia Akademik

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler

02

Minggu, 26 Mei 2024 05:00 WIB
Real Madrid Vs Real Betis, Imbang Tanpa Gol
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Senin, 29 April 2024
Sekretaris Dinas LHK Kota Pekanbaru Hadiri Rapat SABER Pungli 2024
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www