Jumat, 10 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Delapan Staf Mengaku Tak Digaji, Sekda Minta KONI Pekanbaru segera Selesaikan
Selasa, 01 Agustus 2023 12:07 WIB
Delapan Staf Mengaku Tak Digaji, Sekda Minta KONI Pekanbaru segera Selesaikan

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution meminta permasalahan internal yang saat ini terjadi di tubuh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bisa diselesaikan dengan baik.

Hal ini disampaikan Sekda menyusul adanya surat terbuka yang disampaikan oleh delapan mantan Staf KONI Pekanbaru yang mengaku tidak digaji selama lima bulan yakni sejak Januari hingga bulan Mei 2023.

"Soal itu memang pernah dilaporkan ke kami untuk dilakukan audiensi. Tapi memang sampai sekarang belum ketemu," ujar Sekda Indra Pomi, Selasa (1/8/2023).

Ia mengatakan hal tersebut adalah permasalahan internal KONI Pekanbaru. Untuk itu harus segera diselesaikan.

"Makanya saya sampaikan KONI itu harus dipercaya. Kalau sudah dipercaya mau bicara apa saja orang percaya. Kan begitu. Makanya saya minta agar soal internal KONI ini diselesaikan dulu," cakapnya.

Selanjutnya Sekda juga meminta Kepala Dispora Pekanbaru untuk memfasilitasi permasalahan tersebut.

"Tolong Kadispora difasilitasi bagaimana menyelesaikan ini. Tapi insya Allah tidak ada masalah yang tidak selesai sepanjang dua belah pihak bisa berkomunikasi dengan baik," sebut Sekda.

Diberitakan sebelumnya sebanyak delapan staf KONI Pekanbaru mengaku tak menerima gaji sejak awal tahun. Ke delapan staf yang mengaku sudah diberhentikan oleh Ketua KONI Pekanbaru tersebut juga melayangkan surat terbuka kepada ketua-ketua Cabang Olahraga di Pekanbaru ketika mengikuti Rapat Kerja (Raker) KONI Kota Pekanbaru Tahun 2023.

Irfan Kurniawan, salah seorang staf mengatakan pihaknya tidak menerima haknya sejak bulan Januari hingga bulan Mei. Tepatnya 5 bulan.

"Selama lima bulan kami tidak diberikan gaji oleh KONI Pekanbaru. Padahal itu adalah hak kami," ujar Irfan Kurniawan, Senin (31/7/2023).

Ia mengatakan saat ini pihaknya juga sudah diberhentikan dan tidak lagi bekerja di KONI Riau. "Pemecatan langsung disampaikan tanpa surat. Jadi pas rapat terakhir itulah disampaikan kepada kami (pemberhentian kerja)," sebutnya.

Dikatakan Irfan, adapun alasan pemberhentian ini karena kedelapan staf ini tidak mau lagi menerima pinjaman yang diberikan.

"Jadi kami diberikan beberapa kali pinjaman. Pinjaman pertama itu pada tanggal 20 April 2023, Pinjaman Kedua tanggal 6 Juni 2023, dan pinjaman ketiga kami semua staf bersepakat menolaknya," jelasnya.

Untuk itu pihaknya kini telah menyampaikan surat terbuka kepada ketua-ketua Cabor Anggota KONI Kota Pekanbaru yang hari ini mengikuti Rapat Kerja KONI Kota Pekanbaru Tahun 2023 di Alfa Hotel untuk memohon kiranya berkenan membantu untuk dapat menyuarakan hak mereka pada rapat kerja KONI Kota Pekanbaru tersebut.

"Kami menyadari bahwa kami tidak memiliki kekuatan yang banyak untuk memperjuangkan ini, sehingga kami bergantung kepada orang-orang yang sudah melihat dan menyaksikan dengan nyata apa yang telah kami baktikan di KONI Kota Pekanbaru," cakapnya.

Pihaknya dinilai tidak berhak untuk menuntut hak dengan alasan tidak adanya dasar dalam membayar karena SK Karyawan 2023 belum ada hingga 14 Juni 2023.

"Beliau (Ketua KONI) beralasan untuk penetapan SK Karyawan 2023 masih dalam fase mempelajari guna penyetaraan dengan Upah THL Pemerintahan, sementara kami staf ini bukan pekerja/pegawai titipan atas nama/dibawah kontrak pemerintah setempat," sebutnya.

Disampaikan Irfan lagi, Ketua Umum KONI Pekanbaru tidak pernah memberikan teguran/peringatan kepada mereka dan sengaja memanfaatkan loyalitas dan ketidaktahuan tersebut sebagai pekerja yang tetap terus menjalankan tugas dan tanggungjawab sehari-hari.

"Padahal beliau sadar bahwa SK Karyawan KONI Pekanbaru Tahun 2023 sama sekali belum beliau terbitkan," sebutnya.

"Ketua Umum juga beberapa kali menyuguhkan pinjaman dana kepada kami atas nama karyawan dan dari Ketua Umum sedangkan secara administrasi kami dinyatakan tidak berstatus karyawan," imbuhnya.

Transaksi-transaksi pinjaman seperti ini diakui Irfan membuat mereka terjebak dengan situasi yang menyalahi/penyalahgunaan anggaran KONI Pekanbaru tahun 2023.

"Untuk itu, kami memohon bantuan kepada seluruh ketua Cabor yang hari ini mengikuti Raker KONI agar menyampaikan kepada Ketua KONI Kota Pekanbaru agar membayarkan hak kami, hasil jerih payah dan keringat kami selama masih bekerja di KONI Kota Pekanbaru. Karena kami sangat mengerti proses dan alur baik administrasi maupun keuangan KONI Kota Pekanbaru," jelasnya.

Terkait hal tersebut, Ketua KONI Pekanbaru M Yasir memastikan jika dirinya tidak pernah melakukan pemecatan terhadap 8 staf KONI tersebut. "Mereka nggak masuk lagi dari awal bulan Juni. Saya tak pernah menyurati mereka berhenti bekerja. Itu karena mereka gak terima gaji mereka dikurangi makanya berhenti," ujar Yasir.

Ia mengatakan terkait gaji 8 staf KONI tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan bagian hukum Pemko Pekanbaru agar pembayaran gaji atau honor Staf KONI Pekanbaru bisa segera dibayarkan sesuai dengan Perwako. Pasalnya, KONI menggunakan anggaran hibah dari Pemko Pekanbaru makanya kita sesuaikan dengan peraturan.

"Seharusnya menyesuaikan dengan Perwako atau sama dengan THL pemko karena anggaran kita dari Pemko. Anggaran kita juga kecil lho. Kalau gaji THL kalau nggak salah di Pemko itu Rp1,5 juta. Nah mereka tak senang kalau segitu gaji mereka. Kalau selama ini gaji mereka itu Rp2.3 juta ditambah insentif Rp350 ribu. Jadi sekitar Rp2.650.000. Kalau yang di Pemko itu Rp1.5 juta tapi tentu akan ditambah insentif. Mereka tak senang gaji mereka diturunkan makanya mereka melakukan itu (surat terbuka)," Cakapnya.

Disampaikan Yasir, selama mereka bekerja, dirinya telah memberikan pinjaman uang sebanyak tiga kali. Namun yang ketiga ditolak. "Saya kasihkan itu pinjaman tapi mereka nolak, nggak tau kenapa. Padahal anggaran KONI juga belum cair. Mereka minta gaji penuh dan minta gaji sesuai dengan yang tahun 2022, yang Rp2.650.000 itu," ucapnya.

Dikatakan Yasir, dirinya mengaku sangat kecewa atas apa yang dilakukan oleh kedelapan staf tersebut. Karena sebelum surat terbuka ini, mereka juga sudah melakukan aksi demo, memasukkan surat ke Inspektorat dan juga menemui komisi III DPRD Pekanbaru.

"Ya mungkin adalah arahan dari yang lain makanya mereka melakukan itu. Apa gak bisa diselesaikan baik-baik. Datang aja ke kantor KONI, kalau gak mau antar surat kami panggil. Ini Ndak, tapi ini sudah terlambat, terserah mereka mau melanjutkan seperti apa. Saya merasa betul-betul karakter saya dibunuh," tegasnya.

"Kita bersama pengurus lain akan tetap berjalan dan bergerak dengan program yang kita lahirkan," imbuhnya.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Kota Pekanbaru, Olahraga, Pemerintahan
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 09 Mei 2024
Tim Kejagung Sambangi Kejari Pelalawan, Ada Apa?
Kamis, 09 Mei 2024
PHR Melalui PT Elnusa Bayarkan Kompensasi Kepada Warga Kecamatan Bangko Pusako
Kamis, 09 Mei 2024
Kapolres Siak Menggelar Ibadah Peringatan Kenaikan Isa Al Masih bagi Tahanan Kristen Polres Siak
Kamis, 09 Mei 2024
Fraksi PDIP DPRD Riau Halal Bihalal bersama Masyarakat dan Mahasiswa

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia
Senin, 06 Mei 2024
261 Lulusan Sekolah Pascasarjana Unilak Diyudisium
Senin, 06 Mei 2024
Pengurus ASPIKOM Wilayah Riau Periode 2023-2026 Resmi dilantik

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

03

Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www